Translate

Selasa, 16 Agustus 2016

KRAKATAU STEEL PEDULI MASYARAKAT

Menyongsong hari jadi PT Krakatau Steel yang ke-46 tahun, tepatnya jatuh pada 31 Agustus 2016 ini Perseroan berupaya untuk terus meningkatkan aksi kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Krakatau Steel menjadikan HUT/Milad perusahaan ini sebagai momen yang tepat dalam melaksanakan program bakti untuk turut andil meningkatkan perekonomian masyarakat dan lingkungan yang ada disekitar perusahaan.
Krakatau Steel Peduli Masyarakat Banten
Logo PT Krakatau Steel

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. Merupakan Pabrik Baja Terpadu yang terbesar di Indonesia dan berlokasi di Kota Cilegon Banten, Karena keberadaannya inilah juga Cilegon saat ini mendapatkan julukan sebagai Kota Baja.
Alamat Krakatau Steel Cilegon: Jln. Industri No. 5 Cilegon - Banten (42435)
Alamat Kantor Jakarta: Gedung Krakatau Steel, lantai 4. Jln. Gatot Subroto Kav. 54 Jakarta Selatan (12950)
Krakatau Steel adalah sebuah perusahaan Pelat Merah yang berbentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan termasuk dalam Industri Strategis Departemen Pertahanan RI. Awal mula pendirian Krakatau Steel sebagai sebuah Industri Baja memiliki sejarah yang cukup panjang;
  • Dimulai pada tahun 1960 Presiden Soekarno mencanangkan sebuah Proyek Besi Baja Trikora.
  • Ditahun yang sama telah dilakukan penandatangan kontrak pembangunan Cilegon Steel Mills antara Republik Indonesia dan Tjazpromex Pert (All Union Export-Import Corporation) dari Moskow.
  • 2 tahun setelahnya dilanjut dengan peletakan batu pertama proyek Besi Baja Trikora yakni di tahun 1962.
  • Setelah tahun 1967 Proyek Baja Trikora mengalami perubahan status menjadi Perseroan Terbatas (PT), hal ini didasarkan oleh Keputusan Presiden No. 17 Tanggal 28 Desember 1967.
  • Barulah tahun 1970 diumumkan secara resmi pendirian PT Krakatau Steel (Persero) berdasarkan Peraturan Pemerintah No.35 tanggal 31 Agustus 1970.

PT. KS diberikan mandat seluas luasnya untuk mengembangkan dan membangun Industri Baja di Indonesia. Pada awalnya pembangunan PT KS tahap I di tahun 1975 hanya mampu memproduksi baja dengan kapasitas 500 ribu ton pertahun, dan saat ini kapasitas produksi PT KS telah meningkat hingga 3,15 juta ton pertahun. Tidak hanya itu saja perusahaan baja terpadu dan terbesar di Indonesia ini juga telah meraih Sertifikasi ISO 9001 dan ISO 14001. PT. Krakatau Steel (Persero) juga berhasil melantai di bursa saham dengan melakukan IPO pada 10 November 2010, dan berubah menjadi PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk.


PT Krakatau Steel & Kepedulian Masyarakat


Dalam perjalannya sebagai sebuah perusahaan besar yang hadir ditengah-tengah masyarakat, PT Krakatau Steel juga diharapkan mampu memberikan kontribusi yang nyata terhadap lingkungan sekitar dan kepedulian terhadap masyarakat. Tidak hanya tentang pengelolaan limbah yang baik ataupun membuka lowongan dan kesempatan berkarir bagi warga Banten, namun mampu menjadi pendorong bagi perekonomian masyarakat secara keseluruhan.

Sesuai dengan amanah UU RI Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Bab V Pasal 74 (Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan), yang berbunyi :
  1. Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan
  2. Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan kewajiban Perseroan yang dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya Perseroan yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran.
  3. Perseroan yang tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  4. Ketentuan lebih lanjut mengenai Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan diatur dengan Peraturan Pemerintah.

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Peduli Masyarakat telah menerapkan program CSR (Corporate Social Responsibility), dimana perusahaan merasa turut memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan kesejahteraan masyarakat sekitar, khususnya diwilayah Cilegon Banten.
Selaras dengan Misi perusahaan yang berbunyi : "Menyediakan Produk Baja Bermutu dan Jasa Terkait Bagi Kemakmuran Bangsa."

Video Youtube Krakatau Steel Peduli Masyarakat

Hal ini dibuktikan dengan terus dilakukannya upaya berkesinambungan melalui program Krakatau Steel Peduli Masyarakat yang telah lama berjalan dengan baik.
Sebagai bentuk keseriusan dalam isu kepedulian masyarakat, perseroan telah berkomitmen secara totalitas dengan membentuk divisi dan unit kerja terkait guna mendukung aktifitas CSR di PT Krakatau Steel, antara lain:

1. Divisi PKBL Krakatau Steel

Program Kemitraan & Bina Lingkungan adalah salah satu implementasi nyata dari program "Krakatau Steel Peduli Masyarakat." Program yang telah melakukan pendampingan UKM sejak tahun 1992 hingga saat ini telah membantu lebih dari 9.196 mitra binaan dan telah menyalurkan modal bantuan hingga mencapai Rp. 149,2 Milyar. Tujuan PKBL sendiri adalah meningkatkan kemampuan usaha kecil agar lebih mandiri dan tangguh dengan pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN. Secara  intens perseroan senantiasa memberikan training keterampilan dan pelatihan seperti keahlian menjahit, komputer, las, otomotif dan lain-lain. Selain itu PKBL Krakatau Steel juga memiliki kepedulian terhadap masyarakat dengan berkontribusi terhadap pemangunan dan pengembangan daerah sekitar. Antara lain perbaikan infrastruktur, jalan, pemasangan paving blok, pembangunan masjid dan musholla, bantuan pembangunan dan perbaikan rumah tidak layak huni, pembangunan MCK, Drainase dan banyak fasilitas umum lainnya. Pada tahun 2013 yang lalu, Krakatau Steel Peduli Masyarakat Baduy berhasil melaksanakan program kampung BUMN, yakni bantuan 55 rumah gratis beserta sarana dan infrastruktur rumah pompa bagi warga Baduy luar yang bertempat di kecamatan leuwidamar, Lebak Banten. Hal ini juga bertujuan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat badui luar dan memberikan pendampingan usaha mikro kecil.

2. Baitul Maal Krakatau Steel Group (BMKSG)

Logo BMKS
BMKS
Krakatau steel peduli masyarakat, BMKSG Terbentuk pada 1 Mei 2009 BMKSG adalah sarana kaum muslimin PT KS untuk pengelolaan dana zakat, infaq dan sodaqoh dan pemberdayaan kaum dhuafa. Anggota dari BMKSG antara lain : PT KS, PT KBS, PT KE, PT KTI, PT KDL, PT KIEC, PT KW, PT KHI, PT Latinusa, PT KIT dan PT Krakatau POSCO. BMKSG sebagai amanah kaum muslimin karyawan Krakatau Steel & Group, memiliki kontribusi yang cukup terasa bagi masyarakat Banten, khususnya kaum dhuafa. BMKSG memberikan bantuan beasiswa pendidikan terhadap putra/putri masyarakat kurang mampu secara berkelanjutan mulai dari SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi. Juga memberikan santunan terhadap yatim/piatu diwilayah Banten. Selain itu BMKSG aktif dibidang pemberdayaan ekonomi hingga pelatihan masyarakat dan bekerjasama dengan organisasi sosial dan kerohanian islam di kota Cilegon khususnya dan Banten secara umum.

3. Yayasan Pendidikan Warga Krakatau Steel (YPWKS)

Logo YPWKS
YPWKS
Telah banyak memberikan kontribusi khususnya pendidikan bagi masyarakat Cilegon Banten. YPWKS adalah salah satu yang terdepan dalam memberikan bantuan beasiswa dan pelatihan sebagai wujud tanggung jawab dan kepedulian terhadap masyarakat. Organisasi ini bertanggung jawab dalam membantu pemerintah daerah dalam memberikan pendidikan yang berkualitas dan turut andil mencerdaskan bangsa.

4. Serikat Karyawan Krakatau Steel (SKKS)

Logo SKKS
SKKS
Serikat Karyawan Krakatau Steel secara resmi terdaftar di Depnaker Kabupaten Serang pada 8 Juni 1999 dengan nomor: Kep/KW9-KD4/1999 SP Mandiri. Organisasi karyawan ini memiliki tujuan untuk menjembatani komunikasi antara pimpinan perusahaan dengan karyawan hingga dilapisan paling bawah. Dengan adanya SKKS, telah banyak kegiatan positif karyawan yang berhasil dilaksanakan untuk turut serta membantu dan saling kepedulian dengan masyarakat sekitar. Seperti pembagian sembako, zakat fitraf, beasiswa, bantuan kesehatan hingga santunan kematian, dan banyak lagi. Anda juga dapat mengikuti informasi seputar SKKS di Channel Youtub berikut :
https://www.youtube.com/channel/UCNkLuP9tXN_7aHauzRkhMtg

5. Badan Pembina Olah Raga dan Seni Krakatau Steel (BPOS KS)

bpos ks peduli masyarakat
BPOSKS

Adalah organisasi yang menaungi bidang olah raga dan seni budaya. BPOS KS memiliki tujuan untuk memberikan pembekalan, pengalaman dan juga pelatihan keterampilan hidup melalui olahraga dan seni budaya. BPOS KS telah turut serta dalam pembinaan dan membidani lahirnya bakat-bakat baru yang berprestasi dari masyarakat sekitar di bidang olah raga dan seni budaya.

6. Primer Koperasi Karyawan Krakatau Steel (PRIMKOKAS)

Logo Primkokas
Primer Koperasi Karyawan Krakatau Steel
Primkokas adalah koperasi yang telah lahir sejak 26 Desember 1979, sebagai jawaban atas adanya suatu wadah untuk memenuhi kebutuhan para anggotanya dalam melakukan transaksi baik simpan, pinjam, maupun kebutuhan sehari-hari. Pembentukan Primkokas memiliki tujuan yang selaras dengan UU No. 25/1992 Pasal 3 tentang badan usaha koperasi, yakni memajukan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Primkokas juga menjadi salah satu bukti nyata akan kepedulian Krakatau Steel terhadap masyarakat. Beberapa program unggulan Primkokas, antara lain :
  • Simpanan. Bagi siapapun masyarakat yang telah bergabung menjadi anggota Primkokas, dapat melakukan simpanan dana melalui primkokas. Ada beberapa jenis simpanan antara lain, simpanan pokok, simpanan sukarela, dan simpanan berjangka.
  • Pinjaman Darurat. Pinjaman yang diberikan Primkokas dengan plafon tertentu dan masa pengembalian terbatas, untuk membantu memenuhi kebutuhan mendesak para anggotanya.
  • Pinjaman Konsumsi. Kemudahan transaksi bagi anggota dalam melakukan pembelian barang-barang konsumsi yang tersedia di outlet Primkokas (Krakatau Junction) dengan pembayaran menggunakan kartu Primkokas atau melalui pemotongan gaji di bulan berikutnya.
  • Pinjaman Mitra. Kemudahan melakukan transaksi / dana talangan belanja untuk pembelian barang di seluruh toko/outlet Mitra Primkokas.

Dan masih banyak lagi program bermanfaat dari Primkokas yang turut dalam membangun perekonomian masyarakat di cilegon, serang dan sekitarnya. Seperti kata Moh. Hatta (Bapak Koperasi Indonesia), "Koperasi adalah usaha untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong-menolong." Primkokas menjadi salah satu wujud penerapan dari jargon Krakatau Steel Peduli Masyarakat.

Tulisan ini dibuat dalam rangka mensukseskan HUT PT Krakatau Steel dan HUT SKKS, yang juga bertepatan dengan bulan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Mari turut memeriahkan dengan mengikuti Kontes SEO Milad KS-SKKS 2016 dengan tema "Krakatau Steel Peduli Masyarakat."
Penulis menyampaikan banyak permintaan maaf bila terdapat kesalahan dalam penulisan.
Posting Komentar